Cara Meningkatkan Mood Anda Melalui Makanan

Bonus hari ini Pengeluaran SGP 2020 – 2021. Diskon terkini yang lain-lain dapat diperhatikan dengan terpola via info yang kita sampaikan dalam website itu, serta juga dapat ditanyakan kepada petugas LiveChat support kita yang tersedia 24 jam Online dapat mengservis segala keperluan antara player. Yuk segera daftar, & ambil prize Lotere dan Kasino On-line terhebat yang terdapat di laman kami.

Berita Kesehatan Mental Terbaru

Cara Meningkatkan Mood Anda Melalui Makanan

KAMIS, 31 Maret 2022

Anda mengalami perpisahan yang buruk, hari yang buruk di tempat kerja, atau Anda terlalu lelah untuk memasak. Anda mendambakan kenyamanan, sesuatu untuk menenangkan suasana hati Anda. Jadi, Anda meraih … salad?

Mungkin tidak. Tetapi jika itu kebahagiaan yang Anda inginkan, sayuran hijau itu adalah pilihan yang jauh lebih baik daripada sebotol es krim atau semangkuk mac dan keju.

“Anda mungkin memiliki perasaan awal yang menyenangkan, tetapi makanan yang menenangkan pada akhirnya tidak nyaman bagi otak,” kata Dr. Uma Naidoo, seorang psikiater nutrisi, koki dan direktur psikiatri nutrisi dan metabolik di Rumah Sakit Umum Massachusetts di Boston.

Makan es krim dan makanan berkarbohidrat tinggi terasa enak karena mengirimkan triptofan ke otak, kata Naidoo, yang menulis buku terbitan 2020 yang mengeksplorasi hubungan antara makanan, suasana hati, dan otak. Triptofan adalah asam amino yang membantu tubuh membuat serotonin, hormon peningkat suasana hati. Tapi perasaan baik itu bisa menjadi adiktif, menyebabkan tubuh mendambakan makanan yang pada akhirnya akan menurunkan mood karena juga meningkatkan gula darah. Makanan tinggi gula, tepung olahan atau lemak jenuh mengaktifkan peradangan, yang sangat terkait dengan depresi.

Sebaliknya, penelitian menunjukkan makan makanan tinggi buah-buahan, sayuran, ikan dan biji-bijian dapat menurunkan risiko depresi dengan memerangi peradangan. Untuk setiap 100 gram buah atau sayuran yang dikonsumsi, risiko depresi turun hingga 5%, menurut meta-analisis dari 18 penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition pada tahun 2018.

Tapi karena salad tidak langsung menghasilkan kesenangan, orang tidak mengaitkannya dengan suasana hati yang positif. Dan kita tidak diajarkan untuk berpikir seperti itu, kata Naidoo. “Dokter tidak mengatakan, ‘Makan sayuran berdaun hijau karena pada akhirnya akan meningkatkan mood Anda.’ Orang perlu memahami tujuan makan salad warna-warni.”

Alasan lain orang tidak mencari makanan sehat untuk meningkatkan mood adalah mereka “tidak selalu makan untuk kesehatan,” kata Michel Lucas, seorang profesor di departemen kedokteran sosial dan pencegahan di Laval University School of Medicine di Quebec City.

“Makan adalah tindakan sosial dan terkait dengan memori budaya dan emosional kita,” katanya. Misalnya, makanan yang memicu kenangan masa kecil dapat membawa kenyamanan, baik itu baik untuk tubuh kita maupun tidak.

“Kita sering lupa bahwa makan adalah kesenangan,” kata Lucas, yang menyarankan orang-orang mencoba makan lebih banyak variasi makanan segar dan utuh dan bereksperimen dengan memasak untuk menemukan rasa dan pengalaman baru, menggunakan rempah-rempah yang memunculkan rasa alami makanan.

“Kita perlu memiliki hubungan yang berbeda dengan makanan yang kita makan,” katanya. “Jika Anda menyukai lemon, kulit lemon segar benar-benar berbeda dari rasa jus lemon buatan. Jauhi yang ultra-olahan, dari pengalaman itu.”

Makan makanan utuh dan pola makan nabati secara keseluruhan adalah cara terbaik untuk memaksimalkan asupan makanan yang meningkatkan suasana hati, kata Lucas. Tapi makan sesuatu yang tidak baik untuk Anda sesekali tidak apa-apa. “Yang lebih penting adalah apa yang Anda makan setiap hari.”

Naidoo menyarankan untuk memasukkan perubahan pola makan secara perlahan. Mulailah dengan mengurangi makanan yang mendorong depresi. Ini termasuk makanan olahan yang sangat halus dengan sedikit serat, seperti makanan cepat saji dan makanan cepat saji yang dimasak dengan minyak nabati olahan, lemak trans, pemanis buatan, dan makanan dengan tambahan gula.

“Kemudian tambahkan makanan kaya serat dan makanan dengan banyak folat,” nutrisi penting yang telah terbukti mengurangi depresi, katanya. “Ini sangat penting untuk membantu suasana hati Anda” dan dapat ditemukan dalam sayuran berdaun hijau gelap, buah, kacang-kacangan, buncis, kacang polong, ikan, dan makanan lainnya. Bayam, kubis Brussel, dan asparagus sangat kaya akan folat.

Banyak rempah-rempah, seperti jahe, kunyit dan lada hitam, juga membantu melawan peradangan, katanya. Begitu juga asam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan berlemak dan biji rami.



PERTANYAAN


Tertawa terasa menyenangkan karena…
Lihat jawaban

Hanya saja, jangan mengharapkan hasil langsung, kata Naidoo.

“Ini bukan perbaikan cepat. Ini bukan hal dalam semalam,” katanya. “Jika Anda hanya makan kunyit sekali, itu tidak akan mengubah suasana hati Anda. Tetapi jika Anda memasukkan ini ke dalam gaya hidup Anda, masaklah dengan bawang putih setiap hari, tambahkan sedikit bumbu, tambahkan lebih banyak sayuran ke dalam makanan Anda, lebih banyak kacang dan biji-bijian dan kacang-kacangan, seiring waktu Anda akan mulai melihat perbedaannya.”

American Heart Association News mencakup kesehatan jantung dan otak. Tidak semua pandangan yang diungkapkan dalam cerita ini mencerminkan posisi resmi American Heart Association. Hak cipta dimiliki atau dipegang oleh American Heart Association, Inc., dan semua hak dilindungi undang-undang. Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar tentang cerita ini, silakan email [email protected].

Oleh Laura Williamson, American Heart Association News

Oleh American Heart Association News HealthDay Reporter

Berita Medis
Hak Cipta © 2021 HealthDay. Seluruh hak cipta.

Dari Logo WebMD

Solusi Kesehatan Dari Sponsor Kami

Sumber: www.medicinenet.com