Hidup Sehat Membantu Mencegah Demensia, Bahkan Jika Itu Terjadi dalam Keluarga

Cashback gede Keluaran SGP 2020 – 2021. Prize mingguan lain-lain tampak dilihat secara terstruktur lewat banner yg kami sisipkan di laman tersebut, dan juga bisa ditanyakan kepada layanan LiveChat support kami yang menjaga 24 jam On-line untuk melayani seluruh keperluan antara player. Mari secepatnya join, & dapatkan promo Lotere & Kasino On-line terhebat yang hadir di web kami.

Berita Gambar: Hidup Sehat Bantu Cegah Demensia, Meski Menular di KeluargaOleh Amy Norton HealthDay Reporter

KAMIS, 20 Mei 2021 (HealthDay News)

Bagi orang yang khawatir terkena demensia karena riwayat keluarga mereka, studi pendahuluan menawarkan beberapa kabar baik: Gaya hidup sehat dapat mengurangi risiko Anda.

Para peneliti menemukan bahwa orang dewasa yang lebih tua dengan kebiasaan sehat memiliki risiko lebih rendah terkena demensia, dibandingkan mereka yang kurang sadar kesehatan – bahkan jika orang tua atau saudara kandungnya menderita penyakit otak.

Pilihan gaya hidup tidak menghapus dampak gen. Tetapi di antara orang-orang dengan riwayat keluarga demensia, hidup sehat tampaknya mengurangi risiko yang berlebihan.

Mereka yang mengikuti setidaknya tiga dari enam kebiasaan sehat memiliki risiko sekitar 35% lebih rendah terkena demensia dibandingkan rekan-rekan mereka dengan gaya hidup yang kurang sehat.

Enam kunci itu adalah:

  • Makan banyak buah dan sayuran, serta membatasi daging olahan dan biji-bijian olahan
  • Berolahragalah dengan intensitas sedang hingga berat setidaknya 150 menit per minggu
  • Tidak merokok
  • Minum secukupnya saja
  • Tidur enam hingga sembilan jam setiap malam
  • Menghindari obesitas.

“Gen bukanlah segalanya,” kata peneliti Angelique Brellenthin, asisten profesor kinesiologi di Iowa State University. “Anda dapat mengurangi risiko demensia dengan mengambil langkah-langkah yang relatif sederhana.”

Mereka sederhana, Brellenthin menambahkan, dalam arti bahwa orang tidak harus lari maraton atau menjadi model kurus untuk melihat manfaat.

“Mungkin saat ini misalnya, Anda tidur 5,5 jam di malam hari,” ujarnya. “Kamu bisa bekerja sampai enam jam.”

Brellenthin berencana untuk mempresentasikan temuannya pada hari Jumat di pertemuan American Heart Association yang diadakan secara online. Studi yang dilaporkan pada pertemuan umumnya dianggap pendahuluan sampai diterbitkan dalam jurnal peer-review.

Namun, temuan ini menambah bukti sebelumnya bahwa gaya hidup dapat melawan beberapa efek buruk gen pada risiko demensia.

Sebuah studi tahun 2019 terhadap hampir 200.000 orang dewasa Inggris melihat apakah peserta membawa varian gen yang membuat orang rentan terhadap Alzheimer atau bentuk demensia lainnya. Dan di antara mereka yang memang memiliki gen tersebut, kebiasaan sehat tampaknya mengurangi risiko demensia berlebih.

Untuk studi terbaru, para peneliti menggunakan sumber data yang sama – UK Biobank Study – untuk melacak lebih dari 300.000 orang dewasa berusia 50 hingga 73 tahun.

Tapi alih-alih berfokus pada gen, mereka memusatkan perhatian pada sejarah keluarga. Kebanyakan orang, kata Brellenthin, tidak tahu apakah mereka membawa varian gen berisiko tinggi.

“Tapi mereka tahu jika ada anggota keluarga mereka yang menderita demensia,” katanya.

Selama delapan tahun, hampir 1.700 peserta penelitian – 0,6% – mengembangkan demensia. Risikonya 70% lebih tinggi di antara mereka yang memiliki orang tua atau saudara kandung yang menderita demensia, dibandingkan orang yang tidak memiliki kerabat tingkat pertama yang terkena.

Sementara itu, semakin banyak kebiasaan gaya hidup sehat yang dimiliki seseorang, semakin rendah risiko demensia mereka. Di seluruh kelompok studi, mereka yang mengikuti keenam kebiasaan memiliki setengah risiko dibandingkan mereka yang hanya mengikuti satu atau dua.

Itu benar bahkan setelah para peneliti memperhitungkan hal-hal seperti usia, pendidikan, pendapatan, dan apakah orang memiliki kondisi kesehatan seperti tekanan darah tinggi atau diabetes. Dan polanya juga terjadi di antara orang-orang dengan riwayat keluarga demensia.

Secara umum, para peneliti percaya bahwa kombinasi kebiasaan gaya hidup dapat mendukung kesehatan otak seiring bertambahnya usia, kata Heather Snyder, wakil presiden hubungan medis dan ilmiah untuk Alzheimer’s Association.

Selain olahraga dan makan sehat, katanya, kebiasaan itu termasuk interaksi sosial dan aktivitas yang merangsang pikiran.

Temuan terbaru tidak membuktikan sebab dan akibat, kata Snyder, yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut.

Tapi, katanya, Asosiasi Alzheimer mendanai uji klinis yang sedang berlangsung yang menguji kekuatan gaya hidup: Ini menanyakan apakah kombinasi langkah-langkah – termasuk olahraga, stimulasi mental dan kontrol tekanan darah dan diabetes yang lebih baik – dapat memperlambat penurunan mental pada orang tua. orang dewasa diyakini berisiko lebih tinggi.


PERTANYAAN

Salah satu gejala pertama penyakit Alzheimer adalah __________________.
Lihat jawaban

Mengapa gaya hidup penting? Mungkin ada banyak alasan, kata Snyder.

Salah satunya, kebiasaan sehat membantu mencegah penyakit yang berhubungan dengan demensia, seperti penyakit jantung dan diabetes. Tetapi mereka mungkin juga secara langsung mempengaruhi kesehatan otak, kata Snyder. Olahraga, misalnya, dapat merangsang pelepasan hormon yang “membuat otak bahagia” dan zat kimia yang membantu komunikasi dan pertumbuhan sel otak.

Sebuah pertanyaan yang belum terjawab dari penelitian ini berkaitan dengan waktu: Apakah orang dewasa yang lebih tua ini adalah penggemar kesehatan seumur hidup atau apakah mereka baru saja melakukan beberapa kebiasaan baik baru-baru ini?

Namun, kata Snyder, pemikiran umum adalah bahwa “tidak ada kata terlambat” untuk mengubah gaya hidup Anda – demi kesehatan secara keseluruhan dan sekadar merasa nyaman.

Informasi Lebih Lanjut

Asosiasi Alzheimer memiliki nasihat tentang kebiasaan menyehatkan otak.

SUMBER: Angelique Brellenthin, PhD, asisten profesor, kinesiologi, Iowa State University, Ames; Heather Snyder, PhD, wakil presiden, hubungan medis dan ilmiah, Asosiasi Alzheimer, Chicago; Konferensi Epidemiologi, Pencegahan, Gaya Hidup & Kesehatan Kardiometabolik Asosiasi Jantung Amerika, presentasi online, 21 Mei 2021

Berita Medis
Hak Cipta © 2021 HealthDay. Seluruh hak cipta.

Dari Logo WebMD

Solusi Kesehatan Dari Sponsor Kami



Sumber: www.medicinenet.com