Merokok Membahayakan Otak, Meningkatkan Risiko Demensia – Tapi Tidak Jika Anda Berhenti

Diskon terbaik Keluaran SGP 2020 – 2021. Jackpot seputar yang lain tersedia diamati secara terstruktur via pengumuman yg kita sampaikan dalam website ini, lalu juga bisa dichat kepada operator LiveChat support kita yang stanby 24 jam On-line buat melayani semua kepentingan antara pengunjung. Mari secepatnya join, & ambil prize Lotre serta Kasino On-line terbesar yg terdapat di web kami.

Berita Gambar: AHA News: Merokok Membahayakan Otak, Meningkatkan Risiko Demensia – Tapi Tidak Jika Anda Berhenti

SELASA, 6 Juli 2021 (Berita Asosiasi Jantung Amerika)

Semua orang tahu merokok itu buruk bagi jantung dan paru-paru. Tetapi kerusakan yang terjadi pada otak seringkali kurang mendapat perhatian dari yang seharusnya – baik dari perokok maupun penyedia layanan kesehatan.

Para peneliti mengatakan itu datang dengan biaya yang mahal.

“Kita tahu bahwa merokok membahayakan setiap organ tubuh manusia,” kata Adrienne Johnson, asisten ilmuwan di Pusat Penelitian dan Intervensi Tembakau Universitas Wisconsin di Madison. “Otak tidak terkecuali.”

Perokok secara signifikan berisiko lebih tinggi untuk demensia dan kematian terkait demensia. Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan pada tahun 2014 bahwa 14% kasus demensia di seluruh dunia mungkin disebabkan oleh merokok. Secara keseluruhan, perokok saat ini 30% lebih mungkin mengembangkan demensia dan 40% lebih mungkin mengembangkan penyakit Alzheimer, menurut analisis tahun 2015 dari 37 penelitian berbeda yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE. Dan semakin banyak seseorang merokok, semakin tinggi risikonya: Untuk setiap 20 batang rokok per hari, analisis menunjukkan risiko demensia naik 34%.

Merokok juga meningkatkan risiko stroke. Orang kulit hitam, yang memiliki risiko stroke lebih tinggi daripada orang kulit putih, menghadapi risiko stroke dua kali lipat jika mereka merokok.

Di sisi lain, penelitian menunjukkan berhenti merokok dapat membantu menghapus risiko kerusakan otak yang lebih tinggi. Berhenti merokok adalah salah satu dari tujuh perubahan gaya hidup, yang dikenal sebagai Life’s Simple 7, yang menurut penelitian meningkatkan kesehatan jantung dan otak.

Berhenti kapan saja membantu. Tetapi semakin awal Anda berhenti, semakin baik, kata Jennifer Deal, asisten profesor epidemiologi di Sekolah Kesehatan Masyarakat Bloomberg Universitas Johns Hopkins di Baltimore. Deal memimpin sebuah penelitian yang menemukan peningkatan risiko perokok untuk demensia menurun dari waktu ke waktu ketika mereka berhenti, akhirnya mencapai titik setelah sembilan tahun ketika itu tidak lebih tinggi daripada mereka yang tidak pernah merokok.

“Pesan yang keluar dari penelitian kami adalah bahwa lebih awal lebih baik,” kata Deal. “Berhenti di usia paruh baya lebih baik daripada di kemudian hari. Tapi berhenti kapan saja bermanfaat.”

Sayangnya, orang cenderung berhenti merokok saat mereka bertambah tua, kata Johnson, yang penelitiannya berfokus pada menemukan cara paling efektif untuk membantu orang dewasa berusia 50 tahun ke atas berhenti merokok. Sekitar 17% dari usia 45 hingga 65 tahun merokok, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, yang lebih tinggi dari rata-rata nasional 14% untuk semua orang dewasa berusia 18 tahun ke atas. Dan perokok yang lebih tua lebih cenderung merokok setiap hari dan lebih kecil kemungkinannya untuk mencoba berhenti daripada perokok yang lebih muda.

“Dokter cenderung tidak menyarankan mereka untuk berhenti merokok,” kata Johnson. Ketika mereka melakukannya, mereka cenderung tidak menawarkan pilihan penghentian berbasis bukti, seperti patch nikotin, obat-obatan dan produk lain yang terbukti menggandakan atau tiga kali lipat peluang seseorang untuk berhasil berhenti.

“Turki dingin adalah hal yang paling umum dicoba orang,” katanya. Ini juga yang paling tidak efektif.

Kabar baiknya adalah ketika orang dewasa yang lebih tua menggunakan opsi penghentian yang terbukti, mereka berhasil, kata Johnson.

Dan cakupan asuransi, termasuk konseling dan obat-obatan, meningkatkan peluang keberhasilan itu, menurut sebuah laporan yang dirilis pada tahun 2020 oleh ahli bedah umum AS. Penelitian dalam laporan itu menunjukkan “cakupan komprehensif” seperti itu meningkatkan tingkat orang yang mencoba berhenti, meningkatkan kemungkinan perokok menerima perawatan untuk ketergantungan selama kunjungan perawatan kesehatan dan meningkatkan kemungkinan mereka berhasil berhenti.

Orang dengan penyakit mental juga lebih cenderung merokok dan lebih sulit berhenti tanpa bantuan, kata Johnson. Tingkat merokok di antara orang-orang dengan suasana hati, kecemasan dan defisit perhatian/hiperaktivitas dan gangguan lainnya dua sampai lima kali lebih tinggi daripada populasi umum, dan penelitian menunjukkan bahwa merokok bahkan dapat mempengaruhi perjalanan penyakit ini. Kira-kira 1 dari 4 orang dewasa di AS memiliki semacam kondisi kesehatan perilaku. Secara kolektif, kelompok ini merokok hampir 40% dari semua rokok yang dikonsumsi oleh orang dewasa di negara ini, menurut CDC.

“Orang dengan penyakit mental, seperti depresi atau gangguan bipolar, lebih rentan untuk mengidam ketika berhenti,” kata Johnson, “jadi mereka membutuhkan obat untuk meminimalkan mengidam dan konseling untuk membantu mereka mengatasinya.”

Dia menyarankan semua perokok untuk menelepon 800-QUIT-NOW (800-784-8669) untuk terhubung ke stopline negara bagian mereka dan berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan program penghentian berbasis bukti yang paling tepat. “Berhenti akan membantu seluruh tubuh Anda, terutama otak Anda, seiring bertambahnya usia,” kata Johnson. “Tidak pernah ada kata terlambat.”

American Heart Association News mencakup kesehatan jantung dan otak. Tidak semua pandangan yang diungkapkan dalam cerita ini mencerminkan posisi resmi American Heart Association. Hak cipta dimiliki atau dipegang oleh American Heart Association, Inc., dan semua hak dilindungi undang-undang. Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar tentang cerita ini, silakan email [email protected].

Oleh Laura Williamson

Berita Asosiasi Jantung Amerika

Berita Medis
Hak Cipta © 2021 HealthDay. Seluruh hak cipta.


SLIDESHOW

Cara Berhenti Merokok: 13 Tips Mengakhiri Ketergantungan
Lihat Slideshow

Sumber: www.medicinenet.com